Contoh Proposal Usaha Sablon



Proposal USAHA HANON SABLON
 
 


  
ALAMAT : jalan sungai buluh simpang kerang rt / rw 014 /006 jebus
No hp : 0877 7493 4688
PROPINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG
KABUPATEN BANGKA BARAT
KECAMATAN Jebus



KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan ridho-Nyalah kami dapat menyelesaikan proposal usulan bantuan usaha ini..
Proposal ini berisikan langkanya tempat sablon pakaian yang ada di daerah kami tepatnya desa jebus kabupaten bangka barat, yang dimana setiap pembuatan sablon harus selalu dengan transport yang jauh dan tentunya mahal.
Dalam kesempatan ini saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu dalam penyelesaian proposal ini :
  1. Orang tua dan keluarga kami yang telah banyak memberikan dukungan, untuk usaha yang akan di jalani.
2.      Sahabat – sahabat terdekat yang telah banyak memberikan semangat dan imajinasi untuk proposal usaha ini.

       Kami sadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, terutama dari segi isi maupun rancangan. Sehubungan dengan hal tersebut, kami akan selalu membuka diri untuk menerima segala kritik yang membangun dari berbagai pihak sebagai salah satu usaha guna menutupi kekurangan - kekurangan yang terdapat dalam proposal ini


                                               



          Jebus, 24 April  2015



                                                                                                                                        Dimas Saputra



BAB 1
PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Pengembanggan usaha dan pembukaan usaha semakin di lirik dan di minati oleh masyarakat dan pemerintah, untuk dijadikan salah satu upaya dalam kegiatan mengurangi penganguran dan kemiskinan di Negara ini.
Percetakan sudah menjadi tren dimana – mana dan menghasilkan produk yang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas. Contoh produk yang dihasilkan percetakan sablon adalah seperti gambar atau tulisan pada kaos, bendera, spanduk, umbul – umbul, dll. Salah satu yang paling tren dan paling mudah diusahakan saat ini adalah sablon pada kaos. Barang kebutuhan primer ini sangatlah banyak jenis gambar yang merupakan hasil dari percetakan sablon.
Percetakan dijaman sekarang sudah berkembang sangat pesat, dan adapun jenis percetakan sablon yaitu manual dan modern, percetakan manual masih membutuhkan tenaga manusia yaitu dengan alat scren, penyaring dll. Sedangkan percetakan modern sudah menggunakan perangkat komputer sebagai tempat desain gambar dan printer khusus sablon yang sudah bisa mencetak gambar ke kain.

1.2  Ruang Lingkup
Ruang lingkup, meliputi aspek-aspek organisasi dan menejemen, aspek produk dan aspek penjualan. Dalam aspek organisasi dan menejemen, jasa sablon Hanon ini di pimpin oleh Dimas Saputra, sekretaris Ronal Handoko, untuk dibidang produk dan penjualan Tio Subandono.
Jenis Produk yang kami pasarkan berupa jasa percetakan gambar atau tulisan pada kaos. Cakupan pemasaran meliputi wilayah Kecamatan Jebus dan sekitarnya




BAB 2
KEGIATAN USAHA

1. Aspek  Pemasaran
1.1  Gambaran Umum   
  a. Jenis Produk yang dipasarkan : percetakan sablon kaos
  b. Cakupan Pemasaran meliputi : Kecamatan Jebus dan sekitarnya

1.2  Permintaan
    Jumlah Permintaan Terhadap Produk
    a.  Sasaran Pembelian/Konsumen            : Umum
    b. Jumlah Konsumen                                :  sebanyak - banyaknya

1.3 Strategi Pemasaran.
          a. Prospek pasar
Untuk peluang pasar usaha ini akan memberikan prospek yang menjanjikan untuk dikembangkan di Kecamatan Jebus, karena percetakan sablon ini masih jarang kita jumpai, target utama kami adalah pelajar, kalangan remaja, dan pengurus cabang partai, kalangan pelajar sangat suka mengenakan kaos bergambar yang bagus dan unik, dan tak jarang diantara mereka membuat desainnya sendiri dan promosi pada cabang partai karena masa-masa pemilu pasti mereka membutuhkan banyak produk kampanye yang berkaitan dengan sablon.
  

BAB III
STRATEGI USAHA

       Promosi
Untuk memajukan dan mempromosikan jasa sablon ini kepada masyarakat dilakukan dengan cara penayangan iklan lewat Internet, media sosial dan brosur-brosur. Dan bisa juga penyebaran informasi dari mulut ke mulut.
Produk yang akan dihasilkan adalah kaos, undangan, spanduk, bendera dll. Namun disini kami leih fokus diproduksi kaos dan gambar sablon kaos.
berikut langkah- langkah cara pembuatan sablon pada kaos
1.      Alat
komputer,  scener dan mesin printing
2.      Bahan
Kain, gambar desain, cat sablon.
Proses produksi :
a.       Cetak gambar desain pada scener, dengan cara menempelkan gambar pada scener dan juga bisa membuat desain gambar dengan menggunakan aplikasi photoshop atau coreldraw
b.      Setelah desain gambar selesai, cetak gambar di kaos dengan menggunakan mesin sablon printing
c.       Kaos pun jadi dengan gambar yang memuaskan



BAB IV
PERENCANAAN PERMODALAN
Dalam membuka usaha jasa sablon kaos ini diperlukan biaya operasional yang dikeluarkan, sebagai berikut :

Modal usaha
Nama
Biaya Sarana
Komputer
Rp - ( milik sendiri )
Scener
Rp  800.000,00
Mesin sablon digital
Rp 16.000.000,00
Jumlah
Rp 16.800.000,00


Penutup
Dengan proposal ini besar harapan kami untuk mendapatkan bantuan materil serta dukungan moril dari bapak / ibu, agar usaha ini dapat terlaksana dengan baik.




Sekretaris
Jebus, 24 April 2015
Ketua Usaha









Dimas Saputra

                                                                                                                            
                                                                                           
Baca Juga :
Proposal Bantuan Bibit Lada                                                

Comments