Penyearah Gelombang ( Rectifier )

Disini saya akan merangkum sedikit teori tentang penyearah gelobang ( rectifier ) dengan bahasa yang mudah di mengerti untuk pemula, oke langsung aja ke TKP )

Penyearah gelombang (rectifier) adalah bagian dari power supply / catu daya yang berfungsi untuk mengubah sinyal tegangan AC (Alternating Current) menjadi tegangan DC (Direct Current). Komponen utama dalam penyearah gelombang adalah diode yang dikonfiguarsikan secara forward bias.

Sebelum tegangan AC di ubah menjadi tegangan DC maka tegangan AC tersebut perlu di turunkan menggunakan transformator stepdown. Ada 3 bagian utama dalam penyearah gelombang pada suatu power supply yaitu :
1. Penurun tegangan (transformer),
2. Penyearah gelombang / rectifier (diode)

Pada dasarnya konsep penyearah gelombang dibagi dalam 2 jenis yaitu, Penyearah setengah gelombang dan penyearah gelombang penuh.

1. Penyearah Setengah Gelombang (Half Wave rectifier)
Komponen : 
- Transformator    1 Buah
- Dioda                1 Buah
- Resistor             1 Buah

Pada dasarnya sinyal tegangan yang di keluarkan oleh tranformator masihlah berbentuk AC (Alternating Current), ketika sinyal tegangan yang masuk ke sisi positif ( searah dengan tanda panah ) tegangan akan melalui dioda lalu menuju resistor dan kembali ketitik 0, dan ketika sinyal tegangan menuju ke sisi negatif ( berlawanan dengan tanda panah ) maka tegangan akan tetap dapat melewati resistor tapi tidak dapat melewati dioda dikarenakan pemasangan dioda tidak searah degan titik negatif sehingga mengakibatkan kekosangan pada gelombang negatif
Dapat kita lihat pada gambar berikut ini :
Rumus yang bisa digunakan dalam rangkaian ini :





2. Penyearah Gelombang Penuh (Full wave Rectifier) 


  Penyearah gelombang penuh dapat dibuat dengan 2 macam yaitu, 
   1. Menggunakan 4 diode
   2. Menggunakan 2 diode.

 1. Untuk membuat penyearah gelombang penuh dengan 4 diode menggunakan transformator non-CT seperti terlihat pada gambar berikut : 


Saat output transformator memberikan level tegangan sisi pidaositif, maka D1, D4 pada posisi bias searah dan D2, D3 pada posisi  bias pembalik, ketika sinyal tegangan menuju positif maka dia hanya akan melewati D1 lalu menuju resistor dan menuju titik 0 yang ada di antara bias searah D3 dan D4. Dan ketika sinyal tegangan menuju negatif maka dia hanya akan melewati D2 lalu menuju resistor dan juga dapat menuju titik 0
yang ada di antara bias searah D3 dan D4, 
Dan terciptalah sinyal gelombang berikut ini :

2. Penyearah gelombang dengan 2 diode menggunakan tranformator dengan CT (Center Tap). 
   Lihat gambar berikut ini : 


 Pada rangkaian ini dioda dapat dilalui oleh sinyal tegangan positif dan negatif dan langsung menuju resisstor dan menuju titik 0, dan sinyal gelombang yang dihasilkan akan sama dengan rangkaian transformator non CT dengan 4 dioda :
Sinyal gelombang yang dihasilkan :

  
 Rumus rangkaian siyal gelombang penuh :


Oke sekian dan terimakasih, atas kunjungannya, semoga bermanfaat bagi pembaca.

jangan lupa Like n' Share karena saling berbagi itu sungguhlah Indah. :D


. arenaPada dasarnya konsep penyearah gelombang dibagi dalam 2 jenis yaitu, Penyearah setengah gelombang dan penyearah gelombang penuh.

Read more at: http://elektronika-dasar.web.id/konsep-dasar-penyearah-gelombang-rectifier/
Copyright © Elektronika Dasa

Comments